Informasi Seputar Printer, Tips dan Trik, Tutorial, dan Artikel Bermanfaat

Berilmu Tetapi Tidak Untuk Diamalkan

Telah kita ketahui bersama bahwa orang yang berilmu (alim) itu lebih ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT (Al-Mujadillah:11). Keutamaan yang berganda dan akan mengalir terus jika dia menyampaikan ilmunya tersebut dan orang yang menerimanya mengamalkannya, dan sudah barang tentu dia pun harus ikut mengamalkannya juga. Lantas apa yang terjadi bila dia menyampaikan sesuatu tapi dia sendiri tidak melakukan apa yang dikatakannya tersebut. Untuk kasus ini Allah SWT melaknati orang yang seperti ini, sebagaimana yang di firmankanNya : 
“Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan“.(QS. 61:3). 

Rasulullah Saw mengibaratkan orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain tetapi dia sendiri menghiraukan hal itu terhadap dirinya adalah laksana lentera yang menerangi sekitarnya tetapi membakar dirinya sendiri (HR Thabrani). Sedangkan dihadits lain Rasulullah Saw menyatakan kekhawatirannya terhadap sikap orang seperti ini, yang beliau sebut sebagai orang alim yang munafiq. 

Berilmu Tetapi Tidak Untuk Diamalkan
Sumber Gambar : weheartit.com
Dalam salah suatu riwayat disampaikan dari Usamah bin Zaid ra bahwa ia mendengar Rasulullah Saw bersabda : “Seseorang diseret pada hari kiamat kemudian dicampakkan kedalam neraka lalu (isi) perutnya keluar kemudian dibawa keliling di neraka sebagaimana keledai mengitari penggilingannya, lalu penghuni neraka mengerumuninya dan bertanya: “Wahai Fulan, apa sebabnya kamu? Bukankah kamu dahulu memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar?”. Ia menjawab: “Aku dahulu memerintahkan kalian dengan yang makruf tetapi tidak melakukannya dan aku melarang kalian dari keburukan tetapi aku melakukannya”

Usamah berkata : “Sesungguhnya aku mendengarnya (Rasulullah Saw) bersabda : “Pada malam diisra’kan aku melewati orang-orang yang lidah mereka dipotong dengan alat-alat pemotong dari api neraka. Aku bertanya: Siapakah mereka itu wahai Jibril?" Jibril menjawab : “Para khatib ummatmu yang mengatakan apa yang tidak mereka perbuat” (HR Bukhari & Muslim) Betapa ngerinya ancaman bagi orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkannya. Semoga Allah Swt menjaga dan menjauhi kita dari sifat yang tidak terpuji ini sehingga jauh dari lanknat dan bencinya Allah.

Sekian postingan Hadian Blog pada kesempatan kali ini, tentang berilmu tetapi tidak untuk diamalkan. Semoga apa yang kita baca kali ini bisa bermanfaat buat kita semua. Aamiin.
Sekian dan terima kasih.

Tag : Artikel, Islami
0 Komentar untuk "Berilmu Tetapi Tidak Untuk Diamalkan"

Back To Top -->