Informasi Seputar Printer, Tips dan Trik, Tutorial, dan Artikel Bermanfaat

Biografi Singkat Ir. Soekarno Presiden RI Pertama

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901, ayahnya bernama Raden Soekemi, dan ibunya seorang keturunan berdarah biru dari Bali yang bernama Nyoman Rai. Sebelumnya nama Soekarno adalah Kusno yang kemudian diganti menjadi Soekarno, lantaran sering sakit. Nama Soekarno sendiri diambil dari kata Karna, yaitu seorang Ksatria Kuwara yang sebenarnya sudah mengetahui bahwa dia berada di golongan yang salah, tetapi demi kesetiaannya ia tetap membela hingga akhir hayatnya.

Waktu itu beliau tinggal bersama kakeknya bernama Hardjokormo di Tulungagung Jawa Timur, dan kakeknya adalah seorang pedagang batik. Pada usia kecilnya beliau sering sekali menonton wayang kulit hingga larut malam, tokoh wayang yang beliau sukai adalah Bima, hal itu dikarenakan Bima mempunyai sifat non kooperasi terhadap musuh-musuh. 

Biografi Singkat Ir. Soekarno Presiden RI Pertama

Pendidikan pertamanya berada di Tulungagung tapi pada waktu itu, beliau kurang memanfaatkan kesempatan belajarnya, karena sering melamun tentang kisah perang brathayuda. Pendidikan keduanya yaitu berada di ELS (Europeesche lagare School), yaitu sekolah yang waktu itu didirikan guna untuk memenuhi kebutuhan pekerja pabrik. Setelah selesai pendidikan ketiganya yaitu berada di sekolah HBS (Hogere Burger School) yang berada di Jawa Timur. Disiilah beliau mulai meniti perjuangan Politiknya, ketika beliau bersekolah disana beliau tinggal di pondok H.O.S Tjokroaminoto yang ternyata adalah ketua Serikat Islam yang berpusat di kota itu.
Pada masa pendidikannya beliau banyak sekali mendapat pengalaman dan banyak sekali bertemu tokoh, yang kemudian setiap pengapaman itu dijadikan sebagai buah pemikiran demi sebuah cita-cita bangsa Indonesia, yaitu Indonesia merdeka.

Ketika waktu itu juga beliau pernah menikah dengan putrid H.O.S Tjokroaminoto yang bernama Oetri Tjokroaminoto tetapi pernikahan itu tidak berlangsung lama. Dalam pemikiran politiknya beliau menggabungkan antara pemikiran Marxixme dan Islam, sekaligus ditambah dengan pemikiran Nasionalisme untuk meraih cita-cita. Sikap anti kolonialisme dan sikap anti budaya beratlah yang membuatnya terus bertekad untuk memperjuangkan kemerdekaannya pada masa itu. Ketika itu beliau juga banyak mendirikan organisasi-organisasi dan juga mendirikan sebuah partai yang disebut PNI (Partai Nasional Indonesia).
Biografi Singkat Ir. Soekarno Presiden RI Pertama
Gerak-gerik Soekarno pada masa itu akhirnya dapat membuat Belanda gerak dan segera menangkapnya dan memenjarakannya di penjara Soenarmiskin dan dibebaskan pada tanggal 31 Desember 1931. ketika beliau ditahan PMI akhirnya membubarkan diri, hal itu lebih baik daripada mati konyol, tetapi setelah itu beberapa bekas anggota PNI membuat partai baru yang disebut PARTINDO. Setelah bebas beliau pun bergabung dengan PARTINDO, dan kembali berjuang dengan istilah kata Marheinya dan prinsip “Percaya pada kekuatan sendiri” beliau terus berjuang, perpidato dan menciptakan buah-buah pikiran emas menuju Indonesia merdeka.

Beliau juga sebelumnya pernah berhasil mendamaikan antara serekat Islamdan PKI yang kepentingan revolusi ketimbang kepentingan Indonesia, sedangkan PKI menuduh SI terlalu mementingkan kepentingan Pan-Islamisme, bukan pada penderitaan yang dialami rakyat Indonesia. Beliau beranggapan bahwa kunci untuk mencapai kemerdekaan adalah perlunya ada persatuan, selain itu beliau beranggapan bahwa kedua aliran yang dianut partai-partai tersebut sebaiknya digunakan untuk saling mengisi bukan saling bertentangan meski adanya suatu perbedaan.

Hal yang paling istimewa semasa perjaungannya adalah yaitu kehebatannya dalam berpidato, beliau adalah seorang pidato yang handal yang dapat mendatangkan masa yang banyak, meski hal yang disampaikan dalam pidato tersebut adalah bahasannya itu-itu saja tetapi rakyat Indonesia tetap tidak jenuh dan tetap tidak bosan mendengarnya, melalui retorika yang tinggi, dan dilakukan pada pikiran-pikiran yang sederhana serta dinyatakan dalam slogan yang berulang-ulang dan berdiam diri guna memancing pendengarnya untuk bertanya. Sebelum berbicara beliau akan berdiam sejenak, saat akan terasa sunyi, dan jarum jatuhpun akan terdengar, suaranya pun akan terdengar pelan dan lama-lama akan menjadi kencang dan menggelegar, hal itu dilakukan agar menciptakan ke ikut sertaan dalam gerakan nasionalis, sementara kemampuan itu beliau dapatkan dari gurunya H.O.S Tjokroaminoto pemimpin Serekat Islam 1916-1921.

Ketika massa kolonialisme Hindia Belanda telah tumbang dan berganti menjadi pendudukan Jepang, beliau berubah haluan yang tadinya menentang non Kooperatif kepada penjajah kini sedikit ikut bekerja sama, hal itu dikarenakan adanya peluang untuk memerdekakan Indonesia, hingga ketika Jepang menyerah tanpa syarat dan akhirnya memproklamasikan kemerdekaan yang didampingi seperjuangannya Mohammad Hatta.
Tetapi semua yang beliau perjuangkan tidak sepadan yang beliau dapatkan. Bapak bangsa itu telah meninggalkan kita pada usia 40 tahun, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1970, dengan status sebagai tahanan politik, tetapi walau ia sudah tiada namanya akan selalu ada dan tetap merekat dalam jiwa kita sebagai bapak pembangunan bangsa.
0 Komentar untuk "Biografi Singkat Ir. Soekarno Presiden RI Pertama"

Back To Top -->