Informasi Seputar Printer, Tips dan Trik, Tutorial, dan Artikel Bermanfaat

Peranan Individu dalam Keluarga dan Masyarakat

Manusia adalah sebagai makhluk individu dalam arti tidak dapat di pisahkan antara jiwa dan raganya, oleh karena itu dalam perkembangannya perlu keterpaduan perkembangan jasmani dan rohaninya.Sebagai makhluk soial seorang individu tidak dapat berdiri sendiri, saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya, dan saling mengadakan hubungan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Peranan Individu Dalam Keluarga
Keluarga dengan bebagai fungsi yang di jalankan adalah sebagai wahana dimana seorang individu mengalami proses sosialisasiyang pertama kali, angat penting artinya dalam mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat keluarga mempunyai kolerasi fungsional dengan masyarakat tertentu. Oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadi seorang yang berpribadi hendaknya di arahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada, sehingga seorang individu menjadi seorang yang dewasa dalam arti mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan-hubungan sosial di dalam masyarakat yang cukup majemuk. 

Masyarakat adalah kelompok manusia yang saling berinteraksi yang memiliki prasarana untuk kegiatan tersebut dan adanya saling keterikatan untuk mencapai tujuan bersama. Masyarakat adalah tempat kita bisa melihat dengan jelas proyeksi individu sebagai bagian keluarga, keluarga sebagai tempat terprosesnya, dan masyarakat adalah tempat kita melihat hasil dari proyeksi tersebut. 

Individu yang berada dalam masyarakat tertentu berarti ia berada pada suatu konteks budaya tertentu. Pada tahap inilah arti keunikan individu itu menjadi jelas dan bermakna, artinya akan dengan mudah di rumuskan gejala-gejalanya. 
Karena di sini akan terlibat individu sebagai perwujudandirinya sendiri dan merupakan makhluk sosial sebagai perwujudan anggota, kelimpok atau anggota masyarakat. 

Peranan Individu Dalam Masyarakat
Setiap individu dalam masyarakat mempunyai peran (role) dan kedudukan (status) yang berbeda, peran adalah pola prilaku yang di harapkan dari seseorang yang mempunyai posisi (status) tertentu sedangkan kedudukan (status) adalah posisi seorang dalam kelompok, mengingat setiap individu mempunyai kepentingan yang beragama, maka setiap individu dapat berstatus dan berperan di beberapa kelompok sesuai dengan kepentingan itu. Dalam kehidupah sehari-hari, setiap orang mempunyai peran dan tugas yang berbeda.

Tag : Ruang Guru
0 Komentar untuk "Peranan Individu dalam Keluarga dan Masyarakat"

Back To Top -->