Informasi Seputar Printer, Tips dan Trik, Tutorial, dan Artikel Bermanfaat

Nyeri Dada dan Dada Terasa Sesak Waspadai Penyakit Jantung

Penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya 17,5 juta penduduk dunia (30 persen) mengalami kematian akibat penyakit jantung.

Ahli Kardiologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Budi Yuli Setianto SpPD (K) SpJP (K) mengatakan, gejala serangan jantung biasa ditandai dengan rasa tidak nyaman atau nyeri di dada. Umumnya gejala disertai dengan keringat dingin, sesak napas, pusing, mual, dan pingsan.
 
Nyeri Dada dan Dada Terasa Sesak Waspadai Penyakit Jantung

"Kalau terjadi nyeri pada dada yang datang dan pergi, seperti diberi beban berat, harus diwaspadai ada gejala serangan jantung. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter," tuturnya di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Budi mengingatkan, serangan jantung tidak datang secara tiba-tiba, jadi kewaspadaan perlu dilakukan. Bahkan, tidak sedikit pasien serangan jantung tak bisa mengenali serangan berikutnya karena gejalanya berbeda. "Sebanyak 25 persen dari seluruh serangan jantung terjadi tanpa disertai dengan tanda-tanda," ungkap Budi.

Pencegahan serangan jantung adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Ahli Gizi FK UGM, Toto Sudargo, menyampaikan, caranya adalah dengan menjaga asupan protein, garam, lemak, dan memperbanyak konsumsi buah serta sayur. Perbanyak pula konsumsi salmon, ikan tuna, sarden, dan ikan kembung. Jenis makanan lain sebagai sumber lemak baik dan bersifat antioksidan perlu juga dikonsumsi.

Pakar Kesehatan Masyarakat FK UGM Yayi Suryo Prabandari menambahkan, tidak merokok adalah cara menghindari penyakit jantung yang jitu. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan, prevalensi penyakit jantung koroner lebih tinggi pada orang yang rutin merokok dibanding dengan yang tidak merokok. "Pencegahan lainnya adalah rajin olahraga atau aktivitas fisik dan mengelola stres dengan baik," tutur Yayi. rep: Rizma Riyandi, ed: Dewi Mardiani

Anjuran Konsumsi

Jenis               Jumlah/Orang (Normal)               Pasien Jantung/Hipertensi

1. Protein            0,8 gram/kg                            berat badan
2. Garam            5,0 gram per hari                     2-3 gram per hari
3. Sayur              5 porsi per hari
4. Buah               5 porsi per hari
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Nyeri Dada dan Dada Terasa Sesak Waspadai Penyakit Jantung"

Back To Top -->